by

Pasar Digital Komoditas Lokal : BKD Siap Mitrakan BUMDesMart

PERDANANEWS BOGOR – Dua tahun Direktorat Jendral Pembangunan Daerah Tertinggal ( PDT ) Kemendes bekerjasama dengan beberaa e-commerce menciptakan marjetplace produk perdesaan  terutama produk UMKM danproduk BUMDes.

E-commerce di beberapa desa saat ini memang jarang walaupun banyak produk perdesaan yang banyak diminati yang siap di pasarkan meski ada beberapa produk perdesaan yang jarang peminatnya. Disampaikan oleh Dirjen PDT bahwa “ Selama dua tahun berjalan ternyata 80% pembeli atau konsumen kebanykan dari wilayah Jabodetabek dan Pulau Jawa , teman teman dari pulau jawa dan pelosok saat ini  memang mengalami kesulitan pemasaran yang di karenakan biaya logistic yang mahal”, Pungkasnya.

Hasilnya sangat memuaskan untuk beberapa gerai BUMDes walau masih banyak BUMDes yang masih jalan di tempat walau anggaran sudah di gelontorkan untuk memacu inerja BUMDes sebagai Badan Usaha Milik Desa. Di bandingka produk UMKM  produk BUMDes memang jauh tertinggal dalam percepatan dan invovasinya.

Persaingan pasar digital yang tak seimbang memang di akui untuk beberapa hal , dianataranya adalah biaya logistik infrastruktur dan layanan komunikasi yang belum merata di pelosok desa, maka sangat menyuitkan bagi produk perdesaan untuk bersaing secara digital dalam menyuguhkan promo mau diskon karena terkendala fasiltas tersebut.

Padahal produk pedesaan banyak sekali, dan yang paling diminati adalah produk perdesaan yang tidak tahan lama seperti hasil pertanian dan peternakan. Hal ini kemudian membuat Dirjen PDT ber koordinasi dengan BAKTI ( Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika ) untuk memudahkan BUMDes dan UMKM untukmemasarkan produk nya melalui online dengan jangkauan local.

Comment

PERDANANEWS BOGOR