by

Bibit Padi Unggul Kelompok Tani : Saatnya Kita Bela Beli Produk Petani Lokal

BOGOR.PERDANANEWS.COM – Sektor pertanian memang menjadi sorotan semua pihak dari mulai kalangan aktivis hingga pengusaha, namun apa daya minimnya pembinaan yang terstruktur mulai dari hulu hingga hilir menjadi kan para petani memutar otak untuk bukan hanya sekedar menanam.Salah satunya adalah apa yang dilakukan oleh salah kelompok tani Mukti Tani Jaya.

Dari sekian banyak kelompok tani yang ada berdasarkan pemantauan team perdananews bersama penggiat dan beberapa komunitas peduli pertanian ada satu kelompok tani yang berhasil membudidayakan bibit padi unggul jenis infari 32 yang sudah memiliki sertifikasi resmi dari Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih pemerintah daerah provinsi Jawa barat yaitu kelompok tani Mukti Tani Jaya yang dikepalai oleh bapak haji Emang.

Ditemui di kediamannya, Ketua kelompok tani Mukti Tani Jaya Bapak Emang menyampaikan hampir lebih dari 15 ton benih padi yang di buat kelompoknya di setiap panen padi.

“Alhamdulillah sampai detik ini kita masih konsen untuk terus berusaha membuat bibit padi unggul, dengan harapan apa yang sudah kami lakukan saat ini menjadi kan kekuatan baru dalam membangun percepatan ekonomi pangan di tengah gempuran covid-19 terutama bagi anggota yang ada di dalam kelompok tani Mukti Tani Jaya”, pungkasnya ( Selasa, 12/01/2021 ).

Di akuinya saat ini taraf ekonomi petani masih jauh dari harapan dan belum sebanding dengan nilai jual hasil padi mereka yang masih di dominasi oleh padi dan beras dari luar padahal dari segi kwalitas beras yang di hasilkan dari padi kelompok tani ini jauh lebih baik di bandingkan dengan yang ada di pasaran saat ini.

Rendahnya nilai jual gabah dan harga beras yang di patok saat ini menjadi kesulitan terbesar untuk mampu berada dan sejajar dengan beras pabrikan karena tidak sebanding dengan biaya produksi yang di keluarkan.

Dengan sudah terdaftarnya dan memliki nomor register label untuk bibit unggul dari kelompok tani Mukti Tani Jaya ini harapan petani tiada lain agar bibit unggul hasil budidaya kelompok tani ini mampu menjelajah pasar lokal seluruh Indonesia.

Di kesempatan lain bapak emang menyampaikan bahwa “Saya berharap bibit yang kami kembangkan ini dapat di rasakan dan terdistribusi kan keseluruh petani di Indonesia”. ungkapnya (/rdw)

Comment

PERDANANEWS BOGOR