by

Cek Fakta: KH Said Aqil Siradj Sebut Presiden Jokowi Cucu Kandung Nabi Musa

Sebuah akun faccebook bernama Ali Ridho mengunggah sebuah tangkap layar pemberitaan bergambar Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH. Said Aqil Siradj.

Dari tangkapan layar itu tampak narasi bahwa kiai Said menyebut Presiden Jokowi cucu kandung Nabi Musa.

Unggahan di Grup Facebook RELAWAN ANIES SANDI FOR 2024-2029 itu memancing respons ratusan warganet. Terdiri dari 186 emotikon, 116 komentar dan dibagikan sebanyak 194 kali.

Akun facebook Sinyo Leandro turut membagikan unggahan akun Ali Ridho tersebut di Dari akun ini muncul respons warganet sebanyak 492 emotikon, 227 komentar dan dibagikan sebanyak 22 kali.

Akun Facebook Buzzer Rupiah mengunggah sebuah gambar pada 17 Oktober 2020 yang menampilkan sosok Said Aqil Siradj dan dalam gambar tersebut juga terdapat narasi “AQIL SIJOJ : Pak Jokowi itu Cucu Kandung Nabi Musa, Coba Tanya Baik-Baik Pasti Beliau Mengakuinya”.

Dikutip Jurnal Garut dari Turn Back Hoax Mafindo, berdasarkan hasil penelusuran, tidak ditemukan artikel berita dengan judul tersebut maupun pernyataan dari Said Aqil Siradj yang menyatakan bahwa Jokowi cucu kandung Nabi Musa.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, gambar tersebut identik dengan cuplikan tayangan program Newsmaker Medcom.id yang diunggah akun resmi media sosial Medcom.id, di antaranya di akun Facebook dan akun Youtube Medcom.id pada 7 Maret 2019.

Di antara pembahasan dalam episode tersebut adalah larangan memanggil kafir bagi Non-Muslim. Selain itu Said Aqil Siradj juga membahas bahtsul masail (diskusi para ahli dalam mencari solusi permasalahan yang ada di tengah masyarakat) yang pernah diputuskan NU. Dari tayangan itu, Said Aqil Siradj memang sempat menyinggung kata ‘cucu’.

Namun ia sama sekali tidak menyebut bahwa Jokowi merupakan cucu Nabi Musa.

Dengan demikian, unggahan dari akun Facebook Buzzer Rupiah dengan klaim Jokowi merupakan cucu kandung Nabi Musa adalah tidak benar dan termasuk dalam konten yang menyesatkan.

Sumber : pikiranrakyat.com

Comment

PERDANANEWS BOGOR