by

Pancasila Milik Kita Bersama

-Opini-308 views
Oleh Cak Windra – Kontributor Perdananews.com

PERDANANEWS BOGORPancasila Milik Kita Bersama. Pancasila merupakan sumber mata air pedoman untuk segenap anak bangsa, yang ditinggalkan dari para pendiri bangsa ini tanpa terkecuali. Bukan hanya untuk sebagian orang atau untuk golongan tertentu saja yang sedang mengenyam kekuasaan. Sehingga merasa sudah benar-benar mengamalkan nilai kandungan Pancasila.

Bagi yang lainnya dianggap belum begitu mengamalkan isi nilai kandungannya, apalagi sampai tahap kaffah. Pancasila adalah milik bersama mau darimana pun tempat dia berada. Dari golongan apapun, mau agamanya apa dan lainnya semuanya sama, mereguk air nilai dari Pancasila. Jadi tidak ada kekhususan orang atau sekelompok yang paling istiqamah dalam pengamalannya.

Sebenarnya pandangan yang demikian itu tidak harus muncul atau sampai terlintas jangan terjadi, ditengah-tengah keluarga besar Indonesia, yang akan membuat banyak hati tidak berkenan mau siapapun yang mengatakan. Memang manusia adalah tempatnya salah serta lupa, namun demikian sebelum melakukan sesuatu atau mau melahirkan suatu pemikiran.

Tentu terlebih dahulu mempertimbangkan secara seksama, agar apa yang akan diungkapkan tidak menggoreskan garis hitam perbedaan. Mana yang didalam garis tersebut dan mana yang diluar garis. Kalau diluar garis diartikan tidak mendukung pemerintahan yang sedang berjalan serta sebaliknya kalau di dalam garis dianggap sudah seragam. Sehingga sudah mengamalkan nilai-nilai yang sama.

Comment

PERDANANEWS BOGOR